7 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tak Cuma buat Lalapan

FOLLOW US

7 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tak Cuma buat Lalapan - Manfaat daun pepaya ternyata tidak kalah hebatnya dibandingkan manfaat pepaya itu sendiri. Pepaya (Carica pepaya L.) umumnya diambil buahnya karena cita rasanya yang manis & dikenal kaya akan kandungan nutrisi. Tetapi dalam postingan kali ini kitatidak akan membahas mengenai buah pepaya melainkan daun pepaya yg jua tak kalah besarnya keuntungannya terhadap kesehatan tubuh.


7 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tak Cuma buat Lalapan


Bagi kebanyakan orang Indonesia, utamanya kaum wanita umumnya menyukai daun pepaya buat dijadikan menjadi lalapan. Rasanya yg agak sedikit pahit justru sangat disukai dan sebagai begitu nikmat saat berbaur dengan sambal terasi. Makan pun terasa makin lahap lantaran ternyata manfaat daun pepaya pula bisa mempertinggi nafsu makan dan peluruh haid.


Ada poly nutrisi yg terkandung pada daun pepaya, diantaranya enzym papain, dekstrosa, levulosa, alkaloid karpaina, glikosid, karposid, sakarosa, dan pseudo-karpaina yg sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan enzim papain umumnya terdapat dalam getah pepaya, termasuk dari getah dalam daun pepaya yang waktu ini banyak dibutuhkan kalangan industri menjadi produk komersial.


Manfaat Daun Pepaya buat Kecantikan

Daun pepaya mengandung protein, karbohidrat, vitamin C, vitamin B1, kalori, lemak, kalsium, vitamin A, dan senyawa carposide yg berguna pada menangkal penyakit cacing. Berikut ini manfaat daun pepaya pada mengobati berbagai penyakit maupun untuk perawatan kecantikan.


1. Mengatasi Diare dan Penyakit Cacingan

Kandungan senyawa karpain dalam daun pepaya berperan membunuh bakteri atau mikroorganisme dursila yang mengganggu metabolisme juga pencernaan. Begitu pula menggunakan senyawa carposide pada herbal ini juga berguna pada mengatasi cacing yg masih ada pada perut. Mengkonsumsi daun pepaya juga rebusannya akan melancarkan pencernaan dan metabolism tubuh dan mengatasi perkara cacingan yg mengganggu perut.


2. Menyembuhkan Batu Ginjal

Daun pepaya yang kaya menggunakan kandungan senyawa aktif juga berguna dalam mengatasi dan mengobati penyakit kencing batu atau batu ginjal.


3. Membantu Mengatasi Kanker

Getah dalam daun pepaya diketahui mengandung banyak senyawa aktif yang sangat bermanfaat sebagai anti oksidan dalam menangkal aneka macam virus maupun bakteri dursila. Meskipun belum banyak penelitian yang tertarik pada menguak manfaat daun pepaya dalam menangkal kanker, namun daun pepaya diketahui bermanfaat dalam membersihkan tubuh dan menangkal radikal bebas.


4. Mengobati Demam Berdarah

Untuk mengatasi penyakit demam berdarah, ambil & bersihkan lima lembar daun pepaya lalu masak menggunakan setengah liter air hingga terisa separonya. Setelah itu saring dan minum secara teratur.


5. Meredakan Nyeri Haid

Para perempuan sudah semenjak usang menggunakan daun pepaya untuk mengurangi rasa sakit & nyeri ketika datang bulan. Berdasarkan pengalaman, mereka mengkonsumsi air rebusan menurut beberapa lbr daun pepaya yang dicampur dengan asam jawa & gula sedikit.


6. Mengatasi Masalah Jerawat

Daun pepaya jua sangat baik dikonsumsi secara rutin buat mengatasi & menghilankan jerawat yg membandel. Untuk mengambil manfaat daun pepaya ini anda bisa membuat rebusannya & pakai airnya buat membasuh muka yang berjerawat, atau mengakibatkan bubukan daun pepaya menjadi masker yang digunakan menjelang tidur.


7. Mengatasi Keputihan

Senyawa aktif juga kandungan antioksidan dalam daun pepaya pula berguna pada mengatasi kasus keputihan. Caranya mudah saja, yaitu menggunakan meminum air rebusan sehelai daun pepaya yg dicampur dengan sedikit pulasari dan daun alang-alang.


Demikianlah khasiat daun pepaya yang tidak hanya enak dijadikan lalapan, tetapi jua bermanfaat dalam menjaga kesehatan juga buat perawatan kecantikan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat daun pepaya secara optimal tak ada salahnya anda acapkali-sering mengkonsumsi lalapan daun pepaya yg nikmat dengan sambal terasi.

Baca Juga
LihatTutupKomentar