5 Manfaat Kunyit untuk Mengatasi Penyakit Degeneratif

FOLLOW US

5 Manfaat Kunyit untuk Mengatasi Penyakit Degeneratif - Siapa sangka jika manfaat kunyit bisa buat mengatasi banyak sekali jenis penyakit degeneratif yg sangat mematikan. Rempah khas yg termasuk pada golongan jahe-jahean ini selama ini lebih poly dimanfaatkan menjadi bagian menurut bumbu dapur. Selain buat menyedapkan rasa masakan, daging rempahnya yang berwarna kuning ternyata juga sanggup mengawetkan makanan.


5 Manfaat Kunyit untuk Mengatasi Penyakit Degeneratif


Kunyit atau tak jarang juga dinamakan kunir (Curcuma longa Linn. Syn. Curcuma domestica Val.) tidaklah herbal khas Indonesia lantaran beberapa negara pada Asia Tenggara jua poly yang mengenal. Bahkan rakyat pada India dan Malaysia, seperti dikutip Wikipedia, juga banyak yg memanfaatkan rimpang ini buat menyedapkan masakan juga dipakai sebagai obat.


Rimpang kunyit diketahui mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan sebagai akibatnya masuk pada golongan herbal. Kandungan primer kunyit diantaranya vitamin C yg relatif tinggi yaitu 45 – 55 persen, protein sebanyak 30 persen, pati 8 persen, karbohidrat tiga persen, lemak 1 – tiga %, dan beberapa mineral lainnya, seperti fosfor, zat besi, & kalsium.


Kunyit juga mengandung minyak atsiri yang mencakup tumeon sebesar 60 persen, zingiberen 25 persen, keton sesquiterpen, felandren, turmeron, sabinen, sineil, & borneol. Lebih dari itu, kunyit juga mengandung senyawa penting yg dianggap kurkuminoid. Senyawa yang memiliki kegunaan obat ini terdiri dari desmetoksikumin sebanyak 10 %, bisdesmetoksikurkumin 1 – 5 %, dan kurkumin.


Beragam Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Saat ini kunyit sudah poly dimanfaatkan secara komersial buat pembuatan obat dalam mengatasi banyak sekali jenis penyakit. Berikut ini sebagian manfaat kunyit dalam mengatasi & mengobati banyak sekali jenis penyakit mematikan.


1. Mengoptimalkan Fungsi Hati

Penelitian yang dilakukan terhadap herbal ini menemukan bahwa khasiat rimpang ini nir hanya sebagai antioksidan namun juga meningkatkan kemampuan & fungsi hati dalam melakukan detoksifikasi. Selain menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, kandungan kurkumin dalam kunyit pula berguna pada membunuh zat beracun yang masuk ke pada tubuh.


2. Mencegah dan Mengobati Penyakit Kanker

Kemampuan kurkumin kunyit dalam menaikkan fungsi hati ternyata memberikan impak secara signifikan dalam menangkal dan mengobati penyakit kanker. Sel-sel usus besar pun terlindungi sang kurkumin itu berdasarkan aneka macam radikal bebas yang bisa Mengganggu DNA, terutama saat melakukan proses produksi sel-sel baru.


Bahkan hebatnya lagi, sel-sel kanker yang ada pun lebih gampang dihancurkan sebelum menyebar ke bagian tubuh lainnya. Menyangkut kemampuannya pada membasmi kanker, manfaat kunyit acapkali disamakan menggunakan manfaat daun sirsak yang pula terbilang sangat hebat.


3. Menurunkan Kolsterol dan Melindungi Kardiovaskular

Kandungan vitamin B6 dalam kunyit ternyata sanggup mencegah oksidasi kolesterol sehingga menekan risiko penyakit jantung dan aterosklerosis. Sebuah penelitian yg termuat pada Indian Journal of Physiology and Farmakologi, misalnya dikuti Soni KB, menunjukan bahwa 10 orang yang mengkosumsi kurkumin kunyit sebanyak 500 mg setiap hari selama seminggu ternyata kolesterolnya turun hingga 33 % dan kolesterol baik (HDL) naik sampai 29 %.


4. Mencegah Resiko Penyakit Leukimia

Penelitian yang dilakukan Prof Moolky Nagabhushan berdasarkan Loyola University Medical Centre, Chicago selama 20 tahun menandakan bahwa manfaat kunyit dengan adanya curcumin terutama pada mencegah kerusakan kromosom, penghambat perbanyakan sel leukemia dalam kultur sel, Mengganggu mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH), dan menghalangi terbentuknya amina heterosiklik berbahaya dan senyawa nitroso akibat konsumsi daging olahan yang terdapat kandungan nitrosamin.


5. Mencegah Penyakit Alzaimer

Kandungan kurkumin, konstituen biologis aktif dalam kunyit pula mampu mengaktifkan gen yang mengkode produksi protein antioksidan sehingga menekan dan mencegah agresi penyakit Alzheimer.


Itulah sebagian khasiat kunyit pada menangkal & mengobati berbagai jenis berbahaya. Sebenarnya masih poly lagi manfaat kunyit lainnya dalam pengobatan, tetapi fakta yg sedikit ini semoga menaruh manfaat buat anda.

Baca Juga
LihatTutupKomentar